Senin, 22 Oktober 2012

Volkswagen Taigun Tampil Di Sao Paulo International Motor Show

Volkswagen Taigun
VW Perkenalkan Taigun, Crossover Subkompak di Brasil

Volkswagen menggebrak Sao Paulo International Motor Show dengan memperkenalkan model terbaru, Taigun, crossover yang dikembangkan dari basis Up!. Kendati masih konsep, sudah bisa dipastikan bakal jadi salah satu portofolio produsen Jerman ini di pasar global. Dari sosok, mobil konsep ini tampaknya sudah siap masuk ke jalur produksi massal. Namun VW menyatakan, konsep ini merupakan model usulan mengisi segmen SUV kompak. Nama Taigun berasal dari anagram (permainan huruf) Tiguan.

Volkswagen Taigun termasuk subkompak! Hal tersebut bisa disimak dari panjang 3.859 mm, lebar 1.728 mm dan tinggi 1.570 mm! Ya, lebih kecil dibandingkan dengan Tiguan, bahkan Nissan Juke. Jarak sumbu rodanya 2.470 mm, hanya 50 mm lebih panjang dari Up!. Bagasi belakang Taigun cukup luas, yaitu 280 liter bertambah sampai 987 liter kalau kursi belakang di lipat. Crossover ini juga dibekali mesin yang sama dengan Up! yakni, 1.0-liter, 3-silinder, injeksi dan turbochargert yang mampu menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi 175 Nm @1.500 rpm. Sedangkan transmisinya, 6-percepatan manual, dengan sistem penggerak roda depan. "Mesin 3 silinder dengan torsi besar, ideal untuk SUV kompak untuk kondisi berkendaraberagam dan dinamis," komentar Ulrich Hackenberg, Direksi VW bidang Pengembangan Teknik, dilansir Carscoop (22/10/2012).

Mobil ini berbobot 985 kg dan bisa diajak "ngebut" 0-100 kpj dalam 9,2 detik. Kecepatan maksimumnya 186 kpjdan konsumsi bahan bakar 22,2 kpl. Saat dipanjang, Taigun dipasangi pelek 17 inci plus fitur keselamtan electronic stabilization programme (ESP).

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar