Sabtu, 13 Oktober 2012

Suzuki Hayabusa, Mesin 1.340 cc, Kisaran Harga Rp 200 Juta

Suzuki Hayabusa
Suzuki Hayabusa
Hayabusa, Motor Bermesin 1.340 CC Meluncur Akhir Tahun

Suzuki Hayabusa (atau GSX1300R) adalah sepeda sepeda motor sport dibuat oleh Suzuki sejak tahun 1999. Segera memenangkan pujian sebagai produksi sepeda motor tercepat di dunia, dengan kecepatan puncak 188-194 mil per jam (303-312 km / h). Hayabusa (隼?) Adalah bahasa Jepang untuk "peregrine falcon", seekor burung yang sering berfungsi sebagai metafora untuk kecepatan karena menyelam berburu vertikal, atau membungkuk, kecepatan 180-202 mil per jam (290 sampai 325 km / h), tercepat dari setiap burung. Secara khusus, pilihan nama dibuat karena peregrine falcon memangsa burung hitam, yang mencerminkan maksud dari Hayabusa asli untuk menggeser Honda CBR1100XX Holiday Blackbird sebagai sepeda motor produksi tercepat di dunia. Akhirnya, Hayabusa berhasil melampaui Blackbird Hotel Super oleh setidaknya penuh 10 mil per jam (16 km / h). Nilai media melaporkan untuk perjanjian kecepatan dalam mil per jam secara konsisten 186 mph, sedangkan di kilometer per jam itu bervariasi 299-303 km / jam, yang khas konversi satuan kesalahan pembulatan diberikan. Angka ini juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal, seperti yang dapat kekuatan dan nilai-nilai torsi. Pada tahun 2000, kekhawatiran serangan balasan regulasi Eropa atau larangan impor menyebabkan kesepakatan informal antara pabrikan Jepang dan Eropa untuk membatasi kecepatan tertinggi sepeda motor mereka pada batas yang sewenang-wenang. Kondisi di mana keterbatasan ini diadopsi menyebabkan judul 1999-2000 Hayabusa yang tersisa, setidaknya secara teknis, tak tergoyahkan, karena ada model berikutnya bisa pergi lebih cepat tanpa dirusak. Dengan demikian, setelah Ninja Kawasaki banyak diantisipasi ZX-12R tahun 2000 jatuh 4 mph (6 km / h) pendek mengklaim gelar, Hayabusa mengamankan tempatnya sebagai sepeda produksi tercepat standar abad ke-20. Ini memberikan 1999-2000 terbatas model cap bahkan lebih dengan kolektor. Selain kecepatan, Hayabusa telah dipuji oleh banyak pengulas untuk semua-sekitar performa, dalam hal itu tidak secara drastis kompromi kualitas lain seperti penanganan, kenyamanan, keandalan, kebisingan ekonomi, bahan bakar atau harga dalam mengejar fungsi tunggal. [5 ] [27] [28] Jay Koblenz News Konsumen Motorcycle berkomentar, "Jika Anda pikir kemampuan sepeda motor mendekati 190 mph atau mencapai seperempat mil dalam waktu kurang dari 10 detik paling-paling sembrono dan pada ofensif terburuk, ini masih tetap sepeda motor hanya layak dipertimbangkan. Hayabusa adalah Kecepatan dalam semua kemuliaan Tapi Kecepatan tidak semua Hayabusa adalah.. "
Setelah meluncurkan Inazuma 250, PT Suzuki Indomobil kini tinggal mematangkan penjualan motor kelas premium lain, Suzuki Hayabusa yang bakal dibawa langsung dari Jepang. "Kalau bisa sebelum akhir tahun ini sudah bisa dipasarkan di Indonesia," kata GM Marketing dan Pengembangan Bisnis Suzuki Indomobil, Yohan Yahya, kepada VIVAnews di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat 12 Oktober 2012.

Yohan menegaskan bahwa Hayabusa akan terlebih dulu diperkenalkan di Jakarta Motor Cycle Show, 31 Oktober, bersama sederetan motor premium lainnya. "Harganya Rp200 jutaan," kata Yohan.

Untuk dapur pacu, Suzuki Hayabusa mengusung mesin 1.340 cc, 4 silinder Fuel Injection, liquid-cooled, DOHC. Mesin ini sanggup melontarkan tenaga hingga 172 HP pada 10.100 rpm dengan torsi 132 Nm pada 7.600 rpm. Sebagai gambaran, mesin ini lebih besar dari yang disematkan pada Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza sebesar 1.298 cc. Tenaganya pun meningkat hampir dua kali lipat dari kendaraan terlaris di Indonesia ini yang hanya 92 HP. Tentu saja, dengan digabungkan transmisi 6 percepatan, Hayabusa mampu mencapai kecepatan puncak hingga 299 km/jam.

otomotif.news.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar