Sabtu, 06 Oktober 2012

Bloodhound SSC Siap Cetak Rekor Mobil Tercepat Di Bumi

Bloodhound SSC
Calon Kendaraan Tercepat di Darat Lulus Uji Tes

Kendaraan calon pemecah rekor kecepatan darat, Bloodhound SSC sukses di uji coba. Kendaraan yang bentuknya menyerupai roket tersebut kini siap mencetak rekor. Targetnya, Bloodhound SSC ingin berlari hingga 1.000 mil/jam atau 1.600 km/jam.

Bloodhound SSC yang dibuat oleh sebuah tim asal Inggris dan dikendarai oleh Richard Noble tersebut sukses dites di Bandara Newquay di Cornwall. Tidak ada masalah yang terjadi pada Bloodhound SSC ketika berlari dan ini membuat tim senang. "Ini berjalan sangat baik, analisis awal menunjukkan bahwa roket melampaui harapan kami," kata insinyur yang menangani Bloodhound SSC Dan Jubb. "Ini memberikan tim banyak kepercayaan diri, tetapi untuk dunia luar, ini juga penting untuk menunjukkan kalau ini adalah nyata," tambah Chief engineer Mark Chapman.

Kendaraan ini sendiri menggunakan mesin jet Eurofighter Typoon yang memberinya kemampuan berlari 370 km/jam untuk kemudian ditambahi lagi roket bekas Nasa yang membuatnya bisa berlari lebih kencang dan menyemburkan kemampuan hingga 25.000 lb-ft. Saking besarnya tenaga kendaraan ini, Bloodhound SSC juga memiliki sebuah mesin Cosworth yang digunakan di arena F1. Hanya saja, mesin F1 tersebut tidak digunakan untuk menggerakkan roda, tapi 'hanya' bertugas sebagai memompa bahan bakar untuk roket.

Dengan dapur pacu yang sangat kuat itu, Bloodhound SSC diharapkan dapat mengalahkan rekor kecepatan darat yang telah bertahan lama sejak tahun 1997 saat sebuah kendaraan bernama Thrust SSC berlari hingga 1.223 km/jam. Bloodhound SSC yang ketika pemecahan rekor akan dikemudikan oleh Andy Green diharapkan akan mematahkan rekor tersebut di Afrika Selatan dan berusaha menembus batas psikologi 1.000 mil/jam atau 1.600 km/jam di 2014 mendatang.

oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar