Jumat, 24 Mei 2013

Husaberg Siapkan 7 Model Sepeda Motor Trail Produksi Terakhir

Husaberg, produsen sepeda motor asal Austria, bersiap untuk meluncurkan 7 model sepeda motor trail terbarunya. Tujuh model sepeda motor trail tersebut akan menjadi produk motor trail terakhir yang menggunakan merek Husaberg karena perusahaan ini akan segera menyatu dengan perusahaan otomotif Husqvarna. 7 model terakhir dari Husaberg tersebut adalah TE 125, TE 250, TE 300, FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501.
Husaberg FE 250. Majalah Otomotif Online
Husaberg FE 250
Tujuh Trail Baru Husaberg Sebelum Dilebur

Merek sepeda motor trail Husaberg segera menghilang karena disatukan dengan Husqvarna pada Oktober 2013 mendatang. Kendati demikian, dalam waktu dekat, produsen asal Austria tersebut tetap meluncurkan 7 model baru, kemungkinan akan menjadi model terakhir sebagai merek independen. Semua model 2014 adalah gambaran Husqvarna baru dengan teknologi Husaberg yang diperkenalkan di EICMA Show di Milan, Italia, November mendatang. Model-model itu terdiri dari dua kelompok! Mesin 4-langkah untuk FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501. Sedangkan 2-langkah terdiri dari TE 125, TE 250, dan TE 300. Ironisnya, model terakhir Husaberg sekaligus menandai ulang tahunnya yang ke-25. Akan dipasang grafis 25th anniversary di bodi.

Suspensi semua model diperbarui untuk meningkatkan traksi dan kenyamanan. Untuk ini digunakan suspensi close cartridge terbalik dari WP 4CS yang telah direvisi. Tujuannnya untuk memudahkan pengguna menambah gas atau mengganti per. Sedangkan sokbreker belakang PDS, juga ditingkatkan kinerjanya. Untuk FE250 digunakan mesin baru dengan langkah lebih 2,7mm, piston lebih ringan, kepala silinder, kruk as (poros engkol), bak oli (crankshaft), komputer mesin ( ECU) yang di-upgrade. Bagian lain yang dipermak adalah roda gila dan kopling yang lebih ringan. Untuk sistem pembuangan, digunakan header dan silencer baru. Semua ubahan tesebut diklaim mampu meningkatkan torsi dan tenaga namun tidak disebutkan secara angka.

Rangka FE250 dan FE350 juga diubah dengan menggunakan pipa lebih kecil dan ringan namun bisa menyerap getaran dari depan dan belakang dengan baik dan meningkatkan stabilitas saat menikung. Untuk model yang masih menggunakan mesin 2-langkah, setelahkarburator diubah dan menggunakan katup buluh (reeds) Boyesen baru. Sedangkan model TE 250 dan TE 300, menalami perubahan pada kepala silinder, pengaturan pengapian baru (mapping) dan baterai yang lebih tahan lama.

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar