Kamis, 08 November 2012

V-Rod Muscle, Ngebut Tapi Tak Ribut

V-Rod Muscle
V-Rod Muscle
V-Rod Muscle, Si Bengal Berotot Kekar

Untuk sepeda motor Harley-Davidson, keluarga V-Rod boleh dibilang paling ”bengal”. Ditujukan untuk penyuka kecepatan dan gaya balap, varian ini selalu menghadirkan riding position sedikit membungkuk, torsi dahsyat, dan bodi kekar. Nah, model 2013 yang dinamai V-Rod Muscle, si bandel itu semakin berotot dan kencang, pun demikian.

Jika Anda mencari sepeda motor Amerika yang tak kenal kompromi dalam hal kecepatan, inilah jawabannya. Mesin Revolution V-Twin 60 derajat 1.250 cc sanggup menyemburkan tenaga hingga 123 PS dengan torsi 113 Nm. Getaran dan performa mesin beringas itu sanggup diredam oleh rangka yang dibuat secara hydroforming. Ini adalah teknik pembentukan pipa dengan tekanan hidrolis untuk mendapatkan bentuk rangka yang sesuai dengan keinginan, tanpa ada sambungan.

Setang mengadopsi gaya sepeda motor drag yang dipadu dengan panel instrumen modern. Karena di dalam darahnya mengalir darah drag, segitiga posisi mengemudi jadi lebih doyong. Tangan maju ke depan, badan membungkuk, dengan posisi kaki memijak ke belakang. Dipakai sehari-hari tidak begitu nyaman, tapi ketika diajak ngebut di sirkuit, inilah jawabannya. Dilihat dari belakang akan memberikan nuansa berbeda bila dibandingkan dengan model Harley-Davidson pada umumnya. Unsur klasiknya dilebur dengan lampu simpel yang mengesankan aerodinamika. Yang juga menarik adalah dengan airbox cover, sebuah kisi-kisi udara yang diletakkan di tangki menggantikan posisi shroud.

Knalpotnya dua, dilabur krom dengan desain berotot. Tapi jangan harap V-Rod Muscle mengeluarkan bunyi menggelegar, karena varian ini diseting dengan suara halus mendesing untuk memberikan kesan kencang. Jika ingin memboyongnya pulang, PT Mabua Harley-Davidson sudah menyiapkan varian ini dengan harga Rp 412 juta (off the road).

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar