Jumat, 16 November 2012

All New Daihatsu Sirion Cocok Untuk Konsumen Muda

All New Daihatsu Sirion
All New Daihatsu Sirion
Review All New Daihatsu Sirion

Pasar citycar nasional memang sudah cukup terisi sesak. Tak heran kalau kompetisi di segmen ini sangat ketat, bahkan tak kalah sengit dengan segmen mobil MPV. Dari segi desain eksterior, mobil yang dibanderol on the road Jakarta Rp140,5 juta untuk transmisi manual dan Rp150,5 juta untuk transmisi otomatis sangat sporty dan cocok menjadi tunggangan anak muda. Itu terlihat dari grill, bumper, foglamp dengan desain baru yang lebih atraktif. Lampu depan juga sudah dilengkapi proyektor dengan anti fogging, dan menjadi lebih terang berkat penggunaan multireflector. Tampilan menggoda juga tersaji di desain spion yang terintregasi dengan lampu sein, kemudian desain lampu belakang lebih panjang dengan kombinasi LED, bumper belakang yang sporty serta disematkannya velg alloy 14 inchi.

Kini beralih ke interiornya. Aura stylish All New Daihatsu Sirion sudah terpancar di bagian dasdboard berwarna twotone. Pada bagian tengah dashboard dibenamkan head unit dengan fitur terkini seperti MP3 Player, USB, hingga Bluetooth yang terkoneksi dengan telepon seluler untuk berkomunikasi dan memutar lagu. Tak cuma itu, meter cluster juga sangat mudah dibaca serta enak dipandang berkat cahaya lampu yang berpendar. Fitur lainya yang tak kalah menarik adalah Multi Information Display (MID) yang memberikan keterangan mengenai konsumsi bahan bakar serta kecepatan.

Mobil berkapasitas lima orang penumpang, dua di bagian depan dan tiga orang di bagian belakang ini juga lumayan lapang. Ini menjadikan nilai plus bagi Sirion jika dibandingkan dengan mobil city car lainnya. Suara yang dihasilkan oleh audionya cukup bagus. Sayangnya, kabin dirasakan kurang senyap, karena suara dari luar yang masuk ke dalam kabin.

Performa All New Daihatsu Sirion

Mobil yang memiliki dimensi panjang 3690mm, lebar 1665mm dan tinggi 1545mm telihat ringkas, stabil dan lincah ketika kendarai di jalanan yang sangat padat. Kelincahan ini juga didukung oleh kemudi yang sudah dibekali Electronic Power Steering (EPS) sehingga saat bermanuver dan berkelok-kelok, sehingga tidak ada kesan bodi yang membuang.

Saat berada di jalan yang bagus dan lurus, suspensi All New Daihatsu Sirion masih nyaman. Tapi ketika berada di jalan bergelombang kenyaman sedikit terganggu, terutama pada bagian penumpang. Suspensi belakang sangat keras dan kaku. Suspensi depannya menggunakan MacPherson Struts dengan per keong dan stabilizer. Untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dengan per keong. Sistem pengeremannya menggunakan cakram (disc) berventilasi dengan booster, learding dan training atau mekanis pada rem belakang.

Sistem pengoperasian atau gerakan tongkat transmisi mobil ini maju mundur (bukan model gate). Start pada D4 (overdrive pada sistem transmisi otomatik lama). Adapun kecepatan maksimal di jalan tol mampu mencapai 140 km/jam. Untuk kategori mesin 1.3 liter DOHC VVTi tenaga yang dihasilkan cukup lumayan yakni 90 ps dengan torsi maksimal 11,9 kg/m. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya dengan rute kombinasi mencapai 14 km/liter.

Citycar yang di negeri asalnya Malaysia bernama Myvi juga mampu mengakomodir kebutuhan pemiliknya dengan kapasitas bagasi yang lebih besar.

otomotif.news.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar