Senin, 17 Juni 2013

VW Golf Sudah Diproduksi 30 Juta Unit Sejak 1974

VW Golf Sudah Diproduksi 30 Juta Unit Sejak 1974. Volkswagen Golf atau VW Golf adalah mobil kompak/mobil keluarga kecil yang diproduksi oleh Volkswagen sejak tahun 1974 sampai sekarang. Tidak kurang dari 30 juta unit mobil VW Golf sudah diproduksi hingga tahun 2012 lalu. Volkswagen Golf telah dibuat dalam berbagai macam bentuk bodi dan juga beberapa nama – Volkswagen Rabbit di Amerika Serikat dan Kanada (Mk1 dan Mk5), Volkswagen Caribe di Meksiko (Mk1). Golf generasi pertama (Mk1) didesain oleh desainer Italia Giorgetto Giugiaro. Mobil ini diciptakan dengan penggerak roda depan sebagai pengganti untuk Volkswagen Beetle. Secara historis, Golf merupakan mobil Volkswagen paling sukses dan termasuk salah satu mobil terlaris di dunia, dengan lebih dari 29 juta unit terjual pada tahun 2012. Kebanyakan Golf yang diproduksi berbentuk hatchback 3 pintu. Varian lainnya yang dibuat adalah hatchback 5 pintu, estate/wagon (Variant, sejak 1993), konvertibel (Cabriolet dan Cabrio, 1979–2002), dan sedan yang dinamai Volkswagen Jetta, Volkswagen Vento atau Volkswagen Bora (sejak 1999). Volkswagen Golf juga telah banyak memenangkan penghargaan sepanjang sejarahnya. Setiap generasi Golf selalu menjadi runner-up penghargaan European Car of the Year, tapi hanya satu yang menjadi juara, yaitu Golf Mk3 pada tahun 1992.
VW Golf. Majalah Otomotif Online
VW Golf.
Melirik Sejarah Panjang VW Golf

Salah satu mobil populer milik Volkswagen kini telah menjadi salah satu mobil paling populer di dunia. Sejak diperkenalkan di 1974 silam, sudah 30 juta VW Golf yang sudah diproduksi. Dengan produksi ke-30 juta yang berlangsung di Wolfsburg, Jerman, VW Golf pun menjadi salah satu mobil Eropa tersukses sepanjang sejarah. Mobil ini juga baru saja didaulat sebagai 'Car of the Year 2013'. Dimulai dari tahun 1974, VW Golf kini telah memiliki 7 generasi. Dengan statistik itu, maka rata-rata lebih dari 2.000 orang membeli VW Golf setiap hari selama 39 tahun terakhir ini. Mobil ke-30 juta VW Golf adalah Golf TDI BlueMotion yang merupakan mobil VW Golf teririt sepanjang masa berkat tingkat efisiensi 37,5 km/jam. "Sejarah Golf adalah juga sejarah perkembangan otomotif. Dengan teknologi seperti front-wheel drive di Golf pertama, debut dari TDI di Golf ketiga, ESC (Electronic Stability Control) dan dual clutch gearbox di Golf keempat dan Automatic Post-Collision Braking System di generasi baru, mobil ini terus mendemonstrasikan kemajuan. Keamanan, kenyamanan dan mengemudi yang menenyangkan bisa didapat optimal tanpa perlu bertanya tentang harga, terima kasih pada Golf. Ini adalah produk best seller kami selama sejarah nama Volkswagen," kata CEO VW Martin Winterkorn.

The Sun mencatat Golf adalah satu-satunya hatchback mainstream yang membuat pemilik mobil BMW dan Audi tidak memandang sebelah mata dengan mobil ini. Berikut perjalanan panjang 7 generasi VW golf.

Generasi I
Golf I lahir dalam rentang 1974-1983. Kepala Desain VW Klaus Bischoff berkata kalau langkah VW dari Beetle ke Golf adalah langkah yang revolusioner. "Itu semua dimulai pada tahun 1974 dengan revolusi," katanya. Mobil ini membawa hal baru bagi VW dimana Beetle memiliki mesin di belakang dengan roda penggerak juga di belakang berevolusi menjadi mesin di depan dengan roda penggerak di depan pula pada Golf. Dalam hal desain, Golf juga menandai revolusi desain di tubuh VW dimana pada desainer VW mulai beralih dari bentuk bulat menjadi agak persegi panjang yang didasarkan pada studi desain oleh Giorgio Giugiaro.

Generasi II
Pada Golf II, teknologi mulai berkembang. Generasi yang hidup dari 1983-1991 ini mengaplikasi beberapa teknologi baru seperti controlled catalytic converter (1984), ABS (1986) dan all-wheel drive (1986). Desain VW Golf pun makin menjadikan mobil ini sebagai ikon baru. Revolusi desain ini menurut Desainer Eksterior VW Marc Lichte adalah sebuah keputusan penting yang diambil oleh dewan direksi. "Dan Volkswagen menciptakan fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan dari model seri ini," ujarnya.

Generasi III
Pada tahun 1991, Volkswagen memulai era baru sistem keselamatan di Golf generasi ketiga. Salah satu aplikasinya adalah menjadikan Golf III sebagai model pertama dalam seri ini yang menawarkan airbag depan pada tahun 1992. Mobil yang memiliki karir dari 1991-1997 ini juga membuat kemajuan besar di bidang manufaktur body mobil karena sudah memikirkan bagaimana menciptakan body mobil untuk meredam benturan saat kecelakaan. Mesin TDI pertama model Golf juga diperkenalkan di Golf III ini pada 1993.

Generasi IV
Di bawah arahan mantan Kepala Desain (Group) Hartmut Warkuß, desain yang tepat diciptakan untuk membuka jalan bagi masa depan Volkswagen. Hari ini, para ahli memandang Golf IV sebagai ikon desain dan pelopor untuk seri ini. Tapi, Golf IV ini juga dianggap sebagai inovator teknik dengan sudah diterapkannya teknologi seperti ESC (1998) dan gearbox kopling ganda (2002). Generasi keempat ini eksis di rentang waktu 1997-2003.

Generasi V
Memulai debut pada 2003, Golf V mampu meninggalkan para pesaingnya di kelas menengah. Mobil Golf generasi kelima ini tubuhnya dilas dengan laser untuk menciptakan kerigidan hingga 35 persen lebih baik. Mobil yang eksis hingga tahun 2008 ini juga merupakan Golf pertama yang melahirkan Golf BlueMotion yang irit bahan bakar. Mobil yang lahir di 2007 ini mampu menawarkan tingkat efisiensi sampai 4,5 liter/100 km.

Generasi VI
Tubuh mobil ini sekali lagi dilas oleh laser yang membuatnya jadi begitu aman dan menawarkan tingkat keamanan bintang lima saat diuji di EuroNCAP yang menjadikannya salah satu mobil teraman dieranya. Keunggulan mesin TSI (mesin bensin berteknologi tinggi) membuat mobil ini banyak dipilih. Kesuksesan konversi dari turbodiesels (TDI) ke sistem common rail yang membuat mobil jadi lebih dinamis dan efisien juga turut membantu menjaga popularitas mobil ini. Golf BlueMotion kedua juga lahir dengan menawarkan nilai konsumsi bahan bakar gabungan hanya 3,8 liter/100 km, lebih baik dari generasi sebelumnya. Tahun 2008-2012 adalah rentang waktu produksi mobil Jerman ini.

Generasi VII
Golf VII memulai karir sejak 2012. Pada generasi ini bobot mobil berkurang hingga 100 kg dibanding generasi sebelumnya. Kemajuan teknologi juga melahirkan tingkat efisiensi hingga 23 persen lebih irit dibanding model sebelumnya. Di generasi ini, Golf TDI BlueMotion juga mampu menunjukkan efisiensi yang lebih irut lagi yakni mencapai 3,2 liter/100km sekaligus menjadi penanda mobil Golf ke 30 juta yang diproduksi. Mobil yang baru saja didaulat sebagai 'Car of the Year 2013' ini juga telah menerapkan berbagai teknologi maju seperti PreCrash preventive occupant protection dan Automatic Post-Collision Braking System, sebuah teknologi yang biasa ada di mobil premium. Dengan adanya fitur mobil premium di kelas menengah, VW mengatakan bahwa mereka ingin menandai awal dari 'demokratisasi kemajuan otomotif.'

oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar