Kamis, 13 Juni 2013

MV Agusta F3 800, Versi Fairing Brutale 800

Sepeda motor sport MV Agusta F3 800 akhirnya meluncur juga ke pasar otomotif setelah melewati 3 fase. Dalam beberapa hal, MV Agusta F3 800 jelas lebih galak dibandingkan dengan rekan sepabrikannya, Brutale 800, meskipun punya mesin yang sama. MV Agusta F3 800 merupakan batas teratas dari kinerja baru pabrikan sepeda motor yang berbasis di Itali ini, avantgarde motor tiga silinder. Lebih banyak kekuatan, lebih banyak torsi, lebih adrenalin. Hasilnya adalah sepeda motor dengan penanganan yang luar biasa, sebuah paket elektronik canggih dan mesin 800cc baru dengan 148 HP dan 88 Nm torsi. Ditambah dengan berat sangat rendah dari 173 Kg, ia menawarkan kekuatan untuk rasio berat yang memungkinkan untuk melakukan pertempuran langsung dengan sportbikes kelas liter. MV Agusta F3 675 mendefinisikan kembali konsep menengah Supersport sepeda dengan keseimbangan sempurna antara mesin dan sasis. Mesinnya adalah lambang teknologi Italia dan sasis menawarkan kinerja terkemuka kelas baik di jalan maupun di trek. MV Agusta F3 800 mendorong batas-batas Supersport mid-range ke level replika Superbike, merevolusi sektor dengan sepeda yang merupakan teknologi dan kinerja tonggak tak terbantahkan.
MV Agusta F3 800. Majalah Otomotif Online
MV Agusta F3 800.
F3 800 Lengkapi Pasukan Tiga Silinder MV Agusta

Tiga fase sudah dilewati MV Agusta untuk meluncurkan F3 800 versi ber-fairing Brutale 800. Setelah merilis teaser pada pertengahan Mei lalu, kini spesifikasi dan foto dibeberkan. Fase terakhir, memperlihatkannya kepada wartawan di Misano, Italia. Kehadirannya kini melengkapi jajaran sepeda motor bermesin tiga silinder MV Agusta setelah F3 675, Brutale 675 dan 800, serta Rivale 800. Dengan begitu, MV Agusta kini bersaing dengan merek lain yang sudah sangat kuat di kelasnya, seperti Suzuki GSX-R750 dan Ducati 848 Evo.

Mesin yang digunakan MV Agusta F3 800 sama dengan Brutale 800, namun beberapa bagian disetel agar lebih galak. Tenaganya diklaim mampu mencapai 146 PS @1.300 rpm dengan torsi maksimum 88 Nm @10.500 rpm. Klaim kecepatan maksimum yang bisa diraih 269 kpj. Kendati demikian, hasil tes di Misano hanya 240 kpj. Komponen baru yang membuatnya lebih galak ketimbang versi telanjangnya adalah kopling! Lainnya, suspensi depan pakai Marzocchi dan belakang Sachs. Tak kalah menarik, kaliper rem dengan 4-piston pakai Brembo. Teknologi Motor & Vehicle Integrated Control System (MVICS) tetap dipasang agar pengedara bisa menyetel performa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk warna, ditawarkan tiga pilihan, putih-hitam, merah-silver, dan hitam. Di Eropa dijual13.990 euro (Rp 182-an juta). Kita tunggu kabar dari MV Agusta Indonesia kapan sepeda motor dipasarkan dan harganya!.

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar