Senin, 01 April 2013

Meski Pakai Electric Starter, Sebaiknya Engkol Sepeda Motor Tetap Sering Dicoba

Bagi para pemilik sepeda motor, mungkin pernah mengalami masalah pada engkol atau kick starter mesin sepeda motornya. Misalnya, engkol (kick starter) jadi tidak mau kembali setelah diengkol (diinjak), atau engkol sering loss seperti tidak memutar mesin. Masalah ini kerap terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari tiga tahun. Lalu, apa yang harus dilakukan jika mengalami masalah pada engkol atau kick starter sepeda motor? Baca solusinya pada artikel otomotif ini.
Mandala Airlines. Majalah Otomotif Online
Engkol Motor Tidak Balik Lagi? Oleskan Pelumas di Per Starter

Pemilik sepeda motor mungkin pernah mengalami yang namanya menginjak kick starter (engkol) tapi setelah diinjak kick starter tidak balik lagi ke posisi semula dan malah diam di bawah. Kejadian ini biasanya sering terjadi pada sepeda motor yang umurnya lebih dari 3 tahun. Kenapa demikian? Karena per pada starternya sudah kekurangan cairan pelumas sehingga saat diinjak pedalnya tidak bisa balik lagi ke atas dan harus kita naikkan sendiri.

Tidak perlu khawatir, sebab Gustian, salah satu mekanik di bengkel Moray Motor yang berada di kawasan Palmeran, Jakarta Barat, mencoba memberikan solusinya untuk Anda semua. Menurut Gustian, jika Anda mengalami hal tersebut tidak perlu beranggapan kalau bakal rusak parah. Jika kick starter diinjak tidak mau balik lagi ke posisi semula solusinya hanya mengoleskan pelumas ke bagian per starter. "Kasih pelumas atau gemuk saja lagi di per starternya. Itu terjadi biasanya karena gemuknya sudah mulai habis atau kering," kata Gustian.

Lanjut Gustian, lain ceritanya dengan kick starter yang ngelos atau ngempos saat diijak. Sewaktu menghidupkan mesin sepeda motor, kick starter sering ngelos itu disebabkan oleh klep dan ring seher yang sudah rusak. "Ini juga biasanya terjadi pada motor yang usianya diatas 3 tahun. Kita injak terus kick starternya tapi mesin tidak mau nyala. Itu biasanya di klep dan ring seher yang sudah rusak," katanya.

Bagaimana jika terjadi hal seperti itu dan apa yang harus dilakukan? Gustian menambahkan sebenarnya jika klep dan ring seher sudah mulai rusak tidak ada cara lain selain diganti baru. "Itu harus diganti dengan yang baru. Sebab mau diakalin bagaimanapun juga kalau tidak diganti baru gejala itu tetap terjadi. Beda halnya dengan komponen lain yang masih bisa diakalin," tukasnya.

Gustian menyarankan, ada baiknya meskipun sekarang ini hampir semua produk sepeda motor sudah menggunakan electric starter, namun jangan melupakan kick starter. Sesekali harus tetap menggunakan kick starter agar gemuk atau pelumas tidak cepat kering. "Jangan mentang-mentang ada electric starter, si kick starter dilupakan. Sesekali misalnya setiap pagi kalau nyalain mesin gunakan kick starter," tutup Gustian.

oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar