Sabtu, 13 April 2013

BMW 3/15 Series, Mobil Pertama Produksi BMW

Mobil yang diberi nama BMW 3/15 DA-1 adalah mobil pertama yang dibuat oleh produsen mobil mewah BMW (Bayerische Motoren Werke AG). BMW 3/15 DA-1 sama sekali bukan mobil mewah, tapi dikenal sebagai mobil murah yang hemat bahan bakar. BMW saat awal didirikan bukan sebagai produsen mobil, melainkan perusahaan pembuat pesawat terbang dan sepeda motor. Pada tahun 1927, Fahrzeugfabrik Eisenach, yang diproduksi mobil di bawah marque Dixi, memasuki kontrak dengan Austin Motor Company untuk memproduksi Austin Seven bawah lisensi. Pertama lima puluh Sevens Eisenach dibangun adalah mobil kanan-drive dirakit di September 1927 dari bagian yang disediakan oleh pabrik Austin di Longbridge. Pada Desember 1927, Dixi mulai membangun versi mereka dari Tujuh, tangan kiri-drive Dixi 15/3 PS DA-1, dibangun dari suku cadang yang dibuat oleh Dixi. The 15/3 penunjukan berasal dari peringkat tenaga kuda kena pajak 3 PS dengan output daya yang sebenarnya sekitar 15 PS (11 kW; 15 hp) The DA-1 sebutan berdiri Erste Deutsche Ausführung (Pertama Versi Jerman).
BMW 3/15 DA-1. Majalah Otomotif Online
BMW 3/15 DA-1
Kisah BMW Saat Baru 'Belajar' Membuat Mobil

Meskipun BMW (Bayerische Motoren Werke AG) saat ini dikenal sebagai produsen mobil mewah, pada awalnya tidak demikian. Perusahaan ini didirikan pada 7 Maret 1916 oleh Franz Josef Popp. Pada awalnya perusahaan ini tidak membuat mobil, melainkan membuat pesawat terbang dan sepeda motor. Mobil pertama yang dibangun oleh BMW disebut Dixi 3/15 dan itupun bukan ciptaan mereka. Dixi sejatinya adalah Austin Seven Inggris dan dibuat di Einsenach Jerman di bawah lisensi. Setelah itu, pimpinan BMW Franz Josef Popp memuutuskan bahwa sudah saatnya BMW memperluas usaha lain di luar pesawat terbang dan sepeda motor.

Usai Perang Dunia pertama, inflasi merajalela di Jerman. Menjual mobil mewah saat itu sudah bisa dipastikan akan gagal. Itu sebabnya mengapa Popp menciptakan mobil yang murah dan terjangkau. Untuk keperluan itu, ia menunjuk Profesor Wunibald Kamm untuk merancang sebuah mobil murah yang revolusioner. Sayangnya kendaraan tersebut gagal dan akhirnya BMW kembali memutuskan untuk membangun Austin pada 1927 dalam rangka lebih mengenal seluk-beluk industri otomotif.

Setelah sukses selama satu tahun, BMW membeli perusahaan Dixi dan mulai memasang logo lingkaran dengan warna biru putih pada mobil baru yang dinamai 3/15. Model baru ini berbeda dengan sebelumnya dan berevolusi selama bertahun-tahun di bawah pengawasan Max Friz. Namun hebatnya depresi yang melanda dunia pada 1930 hanya membuat BMW berhasil menjual 19.000 unit selama 4 tahun produksi (1927-1932). Saat itu model-model 3/15 terdiri dari BMW 3/15 DA-1, 2, 3 dan 4. Model pertama memiliki mesin 747 cc bertenaga 15 hp dengan transmisi manual 3-speed. Kendaraan ini mampu berlari hingga 75 km/jam dan memiliki konsumsi bahan bakar 18 km/liter. Model kedua, DA-2 memiliki spesifikasi yang sama. Perubahan teknis hanya terjadi pada beberapa komponen seperti rem di keempat roda, ban yang lebih besar dan rasio final drive yang lebih rendah.

DA-3 Wartburg merupakan sebuah roadster dan mobil sport pertama BMW. Mesinnya memiliki kekuatan 18 hp. Mobil ttersebut lebih rendah dan lebih ringan hanya 400 kg. Sementara model terakhir (DA-4) merupakan mobil pertama BMW dengan suspensi depan independen. Wartburg yang diperkenalkan bertepatan dengan depresi besar yang melanda dunia pada 1930 menjadikan kendaraan sport ini hanya terjual 150 unit dan BMW menghentikan produksinya pada 1931.

Pada 1932, BMW menghentikan produksi model 3/15 untuk digantikan dengan versi yang lebih baik dan lebih bertenaga yaitu model 3/20.

www.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar