Selasa, 19 Maret 2013

Vespa LX125 Ganti Material Bodi Agar Menjadi Skuter Berharga Murah

Material bodi pada skuter Vespa LX125 akan menggunakan bahan fiber, bukan dari bahan metal yang sudah menjadi ciri khas produk Vespa. Penggantian material bodi Vespa LX125 ini merupakan strategi untuk mendongkrak angka penjualan Vespa di India yang menjadi pasar sepeda motor terbesar di dunia. Kini harga Vespa LX125 di India menjadi lebih murah, yaitu berkisar Rp 10 juta per unit.
Vespa LX125. Majalah Otomotif Online
File foto: Vespa LX125

Vespa Bikin LX125 Seharga Rp10 Jutaan

Menyandang status merek ikonik, Vespa terus melakukan penetrasi di pasar motor terbesar dunia, yaitu India. Tapi, sayangnya, kesan historis produk Vespa tidak berdampak signifikan pada penjualan. Tapi, untuk menyiasati harga agar lebih terjangkau konsumen di negeri Hindustan, Piaggio India akan mengganti materi bodi, dari pelat baja dengan serat gelas atau plastik pada model terlarisnya, Vespa LX125.

Dilansir Motoroids, Selasa 19 Maret 2013, Piaggio India berupaya mendongkrak penjualan LX125 yang dibanderol sekitar 66.000 rupee (Rp11,7 juta). Harga itu dinilai masih terlalu mahal. Untuk mengatasinya, mereka melakukan perubahan material pada body Vespa LX125. Semula menggunakan bahan metal (besi), akan diubah menggunakan material berbahan fibre (serat atau fiber). Dengan begitu, LX125 akan lebih murah 10.000 rupee atau setara Rp1,7 juta. Jika demikian, harga LX125 di India bisa mencapai Rp10 jutaan.

Rencana itu tentu menjadi "angin segar" bagi pencinta Vespa. Namun, di sisi lain, kualitas serta kesan eksklusif Vespa yang identik dengan bodi metal sejak zaman perang dunia, akan dikorbankan demi menekan harga.

otomotif.news.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar