Rabu, 20 Maret 2013

Peluncuran Porsche New Cayman, Indonesia Terpilih Sebagai Negara Pertama Di Asia-Pasifik

Porsche telah memilih Indonesia sebagai negara pertama di kawasan Asia-Pasifik untuk meluncurkan mobil sport Porsche New Cayman. Ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri, yang menandakan bahwa Porsche telah menilai Indonesia sebagai negara yang potensial untuk memasarkan Porsche New Cayman. Mobil sport berkapasitas dua orang ini secara resmi telah dipasarkan di Indonesia.
Porsche New Cayman. Majalah Otomotif Online
File foto: Porsche New Cayman

Porsche New Cayman Resmi Dijual di Indonesia

Kita boleh berbangga kali ini karena produsen mobil sport premium asal Jerman memilih Indonesia sebagai negara pertama di wilayah Asia Pasifik untuk meluncurkan Porsche New Cayman. Hal itu diungkapkan oleh Managing Director Porsche Asia Pacific, Christer Ekberg pada Selasa (19/3/2013) siang di acara peluncuran New Cayman dan Cayman S di Senayan National Golf, Jakarta Selatan. Itu artinya Indonesia dianggap merupakan salah satu pasar penting bagi produsen mobil asal kota Stuttgart untuk memasarkan produk-produk kebanggaan mereka. Bahkan Ekber mengabarkan kalau sebentar lagi Porsche AG akan meluncurkan SUV kecil yang namanya diambil dari nama hewan buas Indonesia. "Untuk pertama kalinya juga Porsche akan menggunakan nama Indonesia untuk SUV yang lebih kecil dari Cayenne, Porsche Macan, 'Indonesian Tiger'," ujarnya.

Porsche Cayman dan Cayman S terbaru yang diluncurkan di Indonesia ini merupakan generasi kedua dari mobil sport mesin tengah berkapasitas dua penumpang. Untuk model standar (Cayman) Ia hadir dalam pilihan mesin boxer enam silinder 2.7 liter bertenaga 275 PS. tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-speed atau transmisi 7-speed PDK (Porsche Doppelkupplungsgetriebe) kopling ganda. Untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam diraih oleh Cayman dalam 5,7 detik dan 5,6 detik (PDK) (5,4 detik dengan paket Sport Chrono). Sementara kecepatan maksimalnya 266 km/jam, dengan PDK 264 km/jam.

Ekber menegaskan bahwa selain memiliki performa tinggi, kendaraan baru ini lebih hemat bahan bakar dan dengan pancaran emisi CO2 yang lebih rendah. Cayman standar mampu menghasilkan efisiensi:

- 12,19 km/liter dengan CO2 192 g/km
- 12,98 km/liter (PDK) dengan CO2 180 g/km.

Pada model New Cayman S mesinnya memiliki kapasitas 3.4 liter bertenaga 325 PS dengan pilihan transmisi yang sama dengan saudaranya. Dari 0 ke 100, Cayman S mampu membukukannya dalam 5.0 detik dengan PDK 4,9 detik (4,7 detik dengan paket Sport Chrono). Kecepatan maksimalnya mampu menembus 283 km/jam atau 281 km/jam (PDK) dengan konsumsi bbm:

- 11,36 km/liter dengan CO2 206 g/km
- 12,50 km/liter (PDK) dengan CO2 188 g/km.

Porsche juga menyediakan paket untuk Cayman dengan beberapa fitur opsional baru seperti Adaptive Cruise Control yang mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Begitu pula dengan sistem audio Burmester yang khusus dikembangkan untuk Cayman. Fitur baru lainnya untuk Cayman adalah sistem Entry&Drive tanpa kunci yang dapat dipasang di pabrik.

Sayangnya pihak PT Eurokars Artha Utama (EAU) belum bisa merilis harga pasti dua kendaraan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh I Made Sujana selaku GM After Sales. Ia hanya mengungkapkan bahwa di negara asalnya, harga Porsche New Cayman ini dibanderol mulai 65.000 euro. Ia juga menyatakan kalau untuk bisa memboyong kendaraan ini ke dalam garasi Anda dibutuhkan waktu tunggu alias inden hingga dua bulan setelah melakukan transaksi. Maklum saja, ini adalah mobil eksklusif masuk ke Indonesia melalui jalur impor.

www.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar