Sabtu, 29 September 2012

Ban Anti-Kempes Buatan Goodyear

Air Maintenance Technology (AMT) Goodyear
Goodyear Perkenalkan Ban Anti-Kempes

Tahun lalu Goodyear telah mengembangkan ban berteknologi self-inflating yang mampu menjaga tekanan angin tetap pada kondisi optimal. Saat ini teknologi tersebut telah siap untuk diperkenalkan di Jerman.

Air Maintenance Technology (AMT) Goodyear adalah sistem yang secara otomatis menjaga tekanan angin ban tanpa bantuan pompa tambahan maupun perangkat elektronik. Pasalnya seluruh komponen yang dibutuhkan untuk itu sudah ada di dalam ban itu sendiri. Kunci dalam sistem ini adalah sebuah regulator internal yang dapat mendeteksi ketika tekanan udara menyusut di bawah tekanan yang ditentukan. Kemudian sistem akan membuka agar udara dari luar dapat masuk melalui tabung pompa. Udara kemudian ditekan melalui tabung tersebut ke dalam katup inlet sehingga mengalir ke dalam rongga ban yang prinsip kerjanya memanfaatkan deformasi ban saat menggelinding di atas permukaan jalan.

Teknologi AMT Goodyear awalnya ditujukan untuk para operator armada kendaraan niaga, mengacu pada data American Trucking Association tahun 2008 yang menemukan bahwa truk dan trailer yang berhenti beroperasi, lebih dari separuhnya diakibatkan masalah pada ban. Padahal itu akan sangat merugikan perusahaan angkutan tersebut akibat tidak beroperasinya salah satu bahkan lebih armada mereka. Akibat masalah ban yang terkait kurang angin juga membuat ban cepat rusak sehingga meningkatkan biaya operasional.

Dengan ban yang selalu dalam kondisi tekanan yang prima, membuat ban lebih awet tanpa perlu banyak penanganan perawatan serta meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Goodyear memperkirakan bahwa setiap 10 psi tekanan yang hilang selaras dengan bertambahnya konsumsi bahan bakar sebanyak 1 persen setiap mil/galon-nya. Selain itu, ban dengan tekanan 10 persen di bawah ukuran normal mampu mengurangi usia ban hingga 16 persen.

Goodyear memperkenalkan ban berteknologi anti-kempes ini untuk kendaraan komersial pada pameran kendaraan komersial di Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Commercial Vehicle Show yang saat ini tengah berlangsung di Hanover Jerman hingga 27 September mendatang.

www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar