Senin, 29 Juli 2013

TDR-Zero, Sepeda Motor Listrik Canggih Dengan Harga Lebih Murah

Berita otomotif: Sepeda motor listrik TDR-Zero adalah produk otomotif canggih rancangan TDR International. Mesin listrik pada TDR-Zero mampu membawa sepeda motor listrik ini melaju hingga jarak maksimal 230 km dengan kecepatan tertinggi 190 km/jam. Menurut rencana, sepeda motor listrik ini akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2013 dengan banderol harga berkisar Rp 150 juta.
TDR-Zero. Majalah Otomotif Online
TDR-Zero.
Sepeda Motor Listrik TDR-Zero Dijual Rp 150 Juta

TDR International mengenalkan sepeda motor listrik yang lebih canggih namun dengan harga lebih murah di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2013). Direncanakan, sepeda motor yang belum diberi nama ini akan mulai dijual di akhir tahun ini dengan harga Rp 150-an juta. Jauh lebih murah ketika TDR pertama kali mengenalkan produknya di Jakarta Motor Cycle Show (JMCS) 2012 pada November lalu. Produ baru ini, diklaim baterai lebih tahan lampu dan bisa dipakai untuk menempuh perjalanan 230 km. Kecepatan tertingginya 190-an kpj, namun karena regulasi, dibatasi hingga 160 kpj saja.

Untuk mengisi ulang baterai dari kosong samp[ai penuh dengan tegangan listrik rumah (220 volt) butuh 8 jam. Namun dengan pengisian cepat waktu yang dibutuhkan 2,5 jam. Baterai terdiri dari enam unit, satu unit bisa mengoperasikan AC 1 PK selama dua jam.

Zero Motorcycles

Setelah diamati lebih dekat, ternyata teknologi baterai diambil dari Zero Motorcycles, produsen sepeda motor listrik asal AS. Meski tidak ada penjelasan teknologi AS yang diangkut jadi merek TDR, namun ada informasi yang mengatakan bahwa ini adalah sepeda motor Zero. "Prorotipe pertama di JMCS memang Zero. Untuk yang kedua adalah hasil pengembangan bersama (Zero-TDR)," ujar sumber tersebut.

Teddy Hartono, Managing Director PT Mitra Lestari Motorindo (TDR International) mengatakan bahwa sepeda motor ini akan diproduksi massal dengan target 100 unit sebulan. "Sekarang kami fokus membangun layanan purna. Surat-surat belum ada regulasi pasti, tapi tetap bisa dapat STNK dan nomor polisi," tegasnya.

Saat sepeda motor listrik ini dinyalakan mesinnya, hanya terdengar suara mendenging. Tidak menggunakan transmisi seperti sepeda motor konvensional. Karena itu akselerasinya diperkirakan lebih cepat. Juga dipamerkan skuter listrik dengan harga Rp 50 juta, berikut model lain seperti motocross dan sport ber-fairing.

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar