Selasa, 11 Maret 2014

Rinspeed Xchange, Mobil Masa Depan Dengan Teknologi Autopilot

Rinspeed Xchange adalah konsep mobil masa depan yang dirancang dan dikembangkan oleh Rinspeed, perusahaan yang berbasis di Swiss. Sebagai mobil yang diperkirakan baru bisa digunakan pada tahun 2020, Rinspeed Xchange didukung fitur mengemudi otonom sehingga mobil ini tidak perlu dikemudikan atau disetir oleh manusia. Dengan kata lain, mobil konsep Rinspeed Xchange akan mengandalkan teknologi autopilot hingga melaju pada kecepatan 120 km/jam, terutama untuk perjalanan jauh.

Rinspeed Xchange. Majalah Otomotif Online
Rinspeed Xchange.
Rinspeed Xchange, mobil tak perlu stir.

Rinspeed Xchange jadi sorotan di Pameran Otomotif Jenewa karena interiornya lebih mirip kantor atau ruang tamu dibandingkan kabin mobil. Seperti dilaporkan Reuters TV, CEO dan pendiri Rinspeed Frank Rinderknecht mengatakan kendaraan mereka adalah masa depan transportasi. "Rinspeed Xchange adalah kendaraan yang bisa mengemudikan diri sendiri lewat autopilot,jadi orang di dalamnya bisa tetap bekerja, menonton, bersantai, tak perlu melihat kemudi berputar ke kiri atau ke kanan dan tak perlu menatap ke luar," kata Frank M. Rinderknecht.

Rinderknecht mengemukakan Rinspeed Xchange dibuat untuk memuat empat penumpang dan bisa menjadi tempat pertemuan bisnis. Interiornya bisa disesuaikan untuk berbagai suasana berkat 380 lampu LED dengan kontrol individual. Komputer akan mengerjakan urusan mengemudi dan navigasi. "Kalau saya sedang ingin mengemudikan kendaraan ini, saya tetap bisa melakukannya," kata Rinderknecht.

Rinspeed Xchange (interior). Majalah Otomotif Online
Rinspeed Xchange (interior).
Dia memperkirakan kendaraan autopilot mulai diperbolehkan beredar tahun 2020 . Rinderknecht yakin pada saat itu perusahaannya, Rinspeed, saat itu akan menjadi pemimpin kendaraan autopilot.

Dalam video Rinspeed Xchange, digambarkan dua penumpang yang berbincang berhadapan dari dua sisi dalam mobil sehingga kaki bisa selonjor. Mobil tersebut mengemudi sendiri sehingga penumpang dapat sepenuhnya memperhatikan dan menatap lawan bicara.

Ketika penumpang ingin mengemudi, stir yang berada di tengah dashboard bergeser otomatis ke sisi kiri maupun kanan, artinya penumpang di kursi kiri maupun kanan bisa bergantian menyetir.

otomotif.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar