Senin, 10 Maret 2014

New Ducati Diavel Meluncur Di Ajang Geneva Motor Show 2014

New Ducati Diavel atau punya sebutan lain sebagai Ducati Diavel model 2014 diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2014. Tampilan paling khas dari Diavel terbaru ini ditandai dengan penggunaan lampu utama jenis New Full-LED. Demikian juga dengan tenaga pendorongnya, mesin dengan 2 busi yang merupakan versi terbaru dari Testastretta 11 derajat.

New Ducati Diavel Red Carbon. Majalah Otomotif Online
New Ducati Diavel Red Carbon.
Torsi Besar di Balik Tampang Baru Ducati Diavel.

Ducati memanfaatkan ajang Geneva Motor Show yang dimulai Selasa (4/3/2014), dengan merilis Diavel paling segar. Peluncuran dilakukan di stan Volkswagen sebagai orang tua perusahaan. Tak hanya mendapat sedikit ubahan tampang, cruiser 'jahanam' ini juga mendapat bekal mesin baru yang membuatnya semakin liar. Teknologi jantung pacu menganut versi anyar Testastretta 11 derajat dua busi, yang sudah dipakai pada Monster 1200. Piston baru membuat rasio kompresinya naik dari 11,5:1 menjadi 12,5:1. Lubang isap dan knalpot ikut diubah, mengikuti revisi timing kem yang diklaim mendongkrak torsi di putaran bawah. Secara keseluruhan torsi naik 2,9 Nm menjadi 130,4 Nm. Sementara kekuatan puncak sama dengan versi sebelumnya, 162 PS. Namun tenaga maksimal itu datangnya lebih cepat, yakni pada 9.250 rpm, sedangkan versi lama tercapai pada 9.500 rpm.

Tampang Modern

Dari segi tampang, paling mencolok adalah lampu utama menggunakan LED dengan desain bagian dalam yang matching dengan lampu belakang. Lalu, dibalut dalam rumah lampu yang berlapis aluminium. Posisinya tidak lebih menonjol ke depan melebihi garpu suspensi seperti model sebelumnya. Sementara lampu sein terpasang pada pelindung radiator yang juga berubah desain lebih tegas.

New Ducati Diavel. Majalah Otomotif Online
New Ducati Diavel.
Layar TFT yang terpasang pada tangki bahan bakar kini dilengkapi indikator digital yang akan menyala ketika bensin mulai habis. Di bagian ini juga terdapat indikator standar samping untuk mengingatkan pengendara ketika akan memacu sepeda motornya usai parkir. Seperti pada versi sebelumnya, layar juga berfungsi menunjukkan mode berkendara hingga kontrol traksi.

Perubahan lain, ada pada jok dan riser di setang. Dua ubahan ini tak terlalu mencolok, hanya untuk mendapat posisi berkendara yang lebih nyaman. Bagian lain masih sama, termasuk penggunaan suspensi dan aksesori. Bedanya hanya pada warna.

Dua Versi

Disediakan dua versi, paling dasar akan berkelir Dark Stealth, dengan rangka pelek dan knalpot hitam. Sementara versi kedua, Carbon dan Red Carbon dengan rangka merah atau putih. Model Carbon termasuk pelek Marchesini black forged dari aluminium dan knalpot stainless steel. Model ini dibanderol 17.995 Dollar AS (Rp 280 juta) untuk Diavel standar dan 20.995 Dollar AS (Rp 243 juta) untuk model Carbon.

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar