Sabtu, 05 Oktober 2013

Lito Sora, Sepeda Motor Listrik Dengan Jok Yang Bisa Dinaik-Turunkan Secara Elektronis

Berita otomotif: Lito Sora, Sepeda Motor Listrik Dengan Jok Yang Bisa Dinaik-Turunkan Secara Elektronis. Superbike listrik Lito Sora diklaim mengusung teknologi yang tidak dimiliki oleh vendor sepeda motor listrik lainnya. Harga yang dibanderol untuk sepeda motor listrik buatan Lito Green Motion Kanada ini cukup mahal, yaitu berkisar Rp 518,7 juta.
Lito Sora. Majalah Otomotif Online
Lito Sora.
Lito Sora, Sepeda Motor Listrik Asli Kanada

CMG melaporkan bahwa superbike listrik Lito Sora yang diproduksi oleh Lito Green Motion di Kanada telah menerima sertifikasi dari lembaga Transport Canada dan sekarang sudah dianggap sebagai kendaraan bermesin yang legal untuk dikendarai di jalan raya . Ini berarti bahwa sepeda motor dengan mesin listrik tersebut akan tersedia untuk pembelian cukup lama, pertama di negara Kanada, dan kemudian di pasar di negara lain. Harga adalah salah satu atribut yang membuatnya menjadi sepeda sangat eksklusif: pada $ 41.000 (€ 31.525), Lito Sora bukan sepeda motor biasa yang sudah sering kita lihat, selain spesifikasi dan spare part-nya yang jarang dimiliki oleh vendor lain, boleh dikata harga sepeda motor listrik ini sangat mahal bagi kebanyakan orang. Namun, dalam kasus Anda merasa seperti Anda mampu untuk membawa salah satu bayi di rumah, Anda akan berada di cukup mengobati: baterai Lipo 12 kWh yang membutuhkan 8 jam pada konektor standar dan hanya 90 menit dengan charger cepat, kecepatan tertinggi lebih dari 190 km/jam (118 mph), dan Lito mengklaim berbagai hanya di bawah 300 km (185 mil), yang mengagumkan. Ini e-streetfighter yang dilengkapi dengan murah hati 14,2 cm dasbor terintegrasi layar GPS, kursi elektronik-adjustable, keyless start, dan sejauh ini, dengan transmisi CVT pengendara tampaknya tidak menyukai berpihak pada gearbox manual baru. Kita harus mengakui bahwa Lito Sora terlihat bintang! Kami akan kembali dengan lebih lanjut tentang binatang yang menakjubkan ini segera.
Satu lagi sepeda motor listrik coba menarik perhatian dunia. Lito, perusahaan asal Kanada menciptakan Sora, digerakkan menggunakan motor listrik yang tenaganya disuplai dari baterai lithium-polymer 12kWh. Model bongsor, diklaim penuh inovasi yang tak dipunyai merek mana pun. Torsi yang tersembur mencapai 90 Nm. Panas motor didinginkan dengan sistem cairan. Seperti Brammo Empulse, Sora juga punya transmisi berjenis CVT enam percepatan, sama seperti kebanyakan kendaraan untuk es/ salju yang membuat mesin bekerja dalam efisiensi ekstrem. Uniknya, jok bisa dinaik-turunkan secara elektronik, dan ini diklaim pertama di dunia. Penumpang bisa menyesuakan tinggi sepeda motor dengan postur, mulai 29,5 inci sampai 33,4 inci.

Jarak tempuh menjadi isu paling mengganggu soal kendaraan listrik. Itulah sebabnya Lito menggunakan peranti lunak khusus yang disebut Safe Range System. Teknologi yang sudah dipatenkan ini mampu mengatur energi ketika pengguna menetapkan tujuan pada sistem komputer yang sudah tertanam. Misalnya jarak masih jauh, tapi baterai sudah mulai habis, sistem akan membatasi kecepatan, atau membuat semua komponen bekerja seefisien mungkin. Jarak maksimal yang bisa ditempuh dengan baterai penuh adalah 200 km (rute kombinasi).

Tetap sporty

Meski diberi embel-embel listrik, Sora adalah sepeda motor sport. Rangkanya aluminium dipadu bodi dari karbon fiber. Garpu depan 34mm inverted, dikombinasi sokbreker Elka di belakang (bisa disetel). Ukuran pelek 17 inci dengan ban 120/70 depan serta 180/55 belakang. Jarak sumbu roda 59 inci, sementara rake 25 derajat. Bobot total 259 kg. Peranti rem belum dilengkapi ABS, tapi diklaim mampu menahan laju kendaraan. Karakter pengendalian diberitakan cukup sporty layaknya street fighter. Lito Sora juga dilengkapi rem regeneratif, layar sentuh plus GPS pada panel instrumen. Sepeda motor ini punya banderol 45.000 dollar AS (Rp 518,7 juta).

otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar