Sabtu, 11 Agustus 2012

Cadillac V-8 1928 Seri 341-A, naik pamor berkat nama besar Al Capone

Cadillac V-8 1928 Series 341-A Ex Al Capone
Mobil Antipeluru Cadillac 1928 Ex Al Capone

Sosok mafia Al Capone dikenal sebagai kriminal, pengedar minuman keras, mangkir pajak sekaligus dermawan. Tapi yang paling penting, ia adalah seorang selebritas. Berkat nama sang mafioso yang sangat melegenda itu, membuat Cadillac 1928 antipeluru peninggalannya terjual US$621.500 (Rp5,8 miliar lebih) enam tahun lalu.

Saat ini mobil tersebut telah dijual lagi. Mobil itu dilelang pada 28 Juli di pelelangan RM St John di Plymouth, Michigan, AS. Cadillac ini dalam kondisi utuh dengan kaca jendela setebal 1 inci dan jendela belakang terlipat ke bawah untuk mengakomodir pengawal bersenjata di jok belakang.

Meskipun mobil besar ini aslinya memiliki plat baja yang terbungkus asbes seberat 1,3 ton di balik panel bodinya, sebagian besar lapisan antipeluru dilepas ketika mobil ini pertama kali direstorasi 50 tahun lalu.

Cadillac tersebut menghabiskan sebagian besar hidupnya menjadi mobil peraga untuk daya tarik museum di Inggris, Kanada dan museum mobil Smoky Mountain di Tennessee.

Pada tahun 2006 kolektor sekaligus pengacara terkenal John O'Quinn membeli mobil Capone ini. Ia meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada 2009.

www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar